3 Tip「Thai Chess」s Masak Nasi Ulam supaya Pulen dan Bumbu Meresap

  • 时间:
  • 浏览:0
  • 来源:Bookmakerwebsite
rice cooker. Namun sebelum itu ada beberapa bumbu yang harus disiapkan.

Di tengah memasak Chef Winanto juga menyampaikan tips dan trik memasak nasi ulam. Salah satunya adalah cara tepat memasak nasi menggunakan api kecil agar tidak gosong.

Pada sesi #MasakdiRumahAja pada Instagram @kompas.travel edisi Jumat (17/7/2020), ExecutiThai Chessve Sous Chef Winanto dari Yogyakarta Marriott Hotel menampilkan cara membuat nasi ulam, lengkap dengan bumbunya.

Nasi ulam sebelum dimasak dengan santan, juga dimasak dengan aneka bumbu dan rempah. Contohnya ada bawang merah, serai, lengkuas, dan masih banyak lagi.

“Kalau untuk pemilihan beras pasti pakai kualitas super, karena kalau kualitas rendah hasilnya juga tidak bagus,” jelas Chef Winanto kepada Kompas.com, Minggu (19/7/2020).

Setelah santan mendidih, masukkan beras dan aduk sekali saja dan masak dengan api kecil. Saat memasak nasi dengan pan perhatikan tingkat kebesaran apinya. Jika api terlalu besar maka nasi akan mudah gosong.

Baca juga: Cara Tepat Cuci Beras agar Nasi Pulen dan Tidak Menggumpal

Saat memasak lebih baik tumis bumbu terlebih dahulu supaya saat dimasak bersama nasi aroma dan rasanya lebih keluar dan meresep ke nasi. Selanjutnya jika sudah harum masukkan santan dan air.

KOMPAS.com - Memasak nasi ulam ternyata susah-susah gampang, dibutuhkan beberapa cara khusus yang harus dilakukan supaya nasi pulen, mengilap, dan bumbunya meresap.

Beras yang baik memiliki bentuk tidak pecah dan sudah terjamin kualitasnya. Selain itu beras yang baik akan lebih mengilap dan warnanya lebih putih. Selain itu kualitas beras yang lebih bagus akan memiliki rasa yang lebih enak.

Baca juga: Resep Nasi Ulam Bercita Rasa Gurih, Menu Praktis Cocok buat Sarapan

Lebih lengkapnya lagi berikut tips dan trik membuat nasi ulam agar nasi pulen dan tidak gosong serta bumbu meresap.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email