Persamaan Sistem Saraf dan Sistem Endokri「Handicap gambling」n

  • 时间:
  • 浏览:0
  • 来源:Bookmakerwebsite

SHandicap gamblingisteHandicap gamblingm sHHandicap gamblingandicap gamblingaraf adalah sistem yang menerima dan mengirim sinyal (neurotransmitter) ke sistem saraf pusat. Sistem saraf sendiri terbagi menjadi dua, yaitu sistem saraf pusat dan sistem saraf perifer.

Saraf otonom terbagi lagi menjadi dua jenis, simpatis dan parasimpatis. Simpatis adalah sistem saraf yang disiapkan untuk menghadapi stres atau ancaman. Sedangkan parasimpatis adalah saraf yang berkaitan dengan rutinitas tubuh.

Sistem saraf pusat terdiri dari otak dan sumsum tulang belakang. Sedangkan sistem saraf perifer adalah saraf yang menghubungkan sistem saraf pusat ke seluruh tubuh.

Saraf mengatur dua macam fungsi di dalam tubuh, yaitu saraf otonom dan saraf somatik. Saraf otonom adalah saraf yang mengatur bagaimana organ-organ dan kelenjar bekerja. Sistem ini bekerja tanpa harus kita perintah, misalnya detak jantung, gerakan saluran pencernaan, dan lain sebagainya.

Sedangkan saraf somatik adalah saraf yang membawa informasi dari dan ke sistem saraf pusat. Saraf ini adalah sistem yang bekerja dalam kesadaran kita. Misalnya perintah untuk menggerakkan tangan, membuka mulut, bereaksi ketika memegang suatu benda, dan contoh lainnya.

Hormon akan beredar di dalam aliran darah dan menuju ke seluruh tubuh. Hormon butuh waktu yang lebih lama untuk memberikan reaksi, namun efeknya bertahan lebih lama.

Baca juga: Apa Itu Hormon, Penjelasan Dan Fungsinya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

KOMPAS.com - Sistem koordinasi di dalam tubuh manusia merupakan proses yang sangat kompleks. Sistem ini melibatkan sistem saraf dan sistem endokrin. Apa perbedaan sistem saraf dan sistem endokrin? Sebelum menjawabnya, mari kita pahami dulu tentang sistem saraf dan sistem endokrin.

Sama seperti neurotransmitter pada saraf, hormon juga membawa pesan yang akan diterjemahkan oleh organ untuk melakukan perintah tertentu.

Sistem endokrin terdiri dari kelenjar yang memproduksi hormon. Organ yang terlibat adalah hipotalamus, timus, kelenjar tiroid, kelenjar adrenal, pankreas, dan gonad.

Contoh hal yang diatur oleh hormon adalah menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, rasa bahagia, siklus menstruasi, rasa lapar, dan kadar gula darah.